Pemakaian herbal yang utama tetaplah untuk obat tradisional. Jika membicarakan obat ada 3 istilah yang terkait didalamnya yaitu obat asli, obat tradisional, dan obat bahan alam. World Health Organization (WHO) mendefinisikan obat tradisional sebagai obat asli di suatu negara yang digunakan secara turun temurun di negara itu dan di negara lain. Obat tradisioanal harus memenuhi kriteria antara lain sudah digunakan minimal 3 generasi dan telah terbukti ambuh aman dan bermanfaat. Obat tradisional adalah obat-obatan yang diolah secara tradisional, turun-temurun, berdasarkan resep nenek moyang, adat-istiadat, kepercayaan, atau kebiasaan setempat, baik bersifat magic maupun pengetahuan tradisional. Menurut penelitian masa kini, obat-obatan tradisional memang bermanfaat bagi kesehatan dan kini digencarkan penggunaannya karena lebih mudah dijangkau masyarakat, baik harga maupun ketersediaannya. Obat tradisional pada saat ini banyak digunakan karena menurut beberapa penelitian tidak terlalu menyebabkab efek samping, karena masih bisa dicerna oleh tubuh.  Beberapa perusahaan mengolah obat-obatan tradisional yang dimodifikasi lebih lanjut. Bagian dari Obat tradisional yang bisa dimanfaatkan adalah akar, rimpang, batang, buah, daun dan bunga. Bentuk obat tradisional yang banyak dijual dipasar dalam bentuk kapsul, serbuk, cair, simplisia dan tablet.  Obat tradisional memiliki keuntungan dan kekurangan diantaranya :

Kelebihan obat tradisional :

  1. Memiliki efek samping yang saling mendukung jika berada dalam satu ramuan dengan komponen yang berbeda.
  2. Memiliki efek samping yang relatif rendah.
  3. Pada suatu tanaman memiliki lebih dari satu efek farmakologi serta lebih sesuai untuk penyakit-penyakit yang diakibatkan pertukaran zat di dalam tubuh dan keturunan.

Kekurangan obat tradisional :

  1. Takaran harus tepat. Jika tidak tepat, obat tradisional tidak aman bagi tubuh dan kesehatan manusia.
  2. Harus tepat memilih jenis obat sesuai dengan riwayat kesehatan masing-masing, sehingga tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan jiwa.

@RaynardSanito

Share This