Jika anda penggemar makanan pedas itu mungkin sudah biasa. Tapi bagaimana jika anda adalah penggemar makanan yang sangat pedas atau super pedas atau ekstra pedas?  Jika anda sedang berkunjung ke Surabaya, anda wajib mencoba menu kuliner ini. Orang menyebutnya Nasi Goreng jancok. Kenapa namanya Jancok? Menurut orang-orang sih hal ini dikarenakan rasanya yang sangat pedas makanya dinamakan seperti itu (jancok sendiri adalah kata makian kasar arek suroboyo). Entahlah benar atau tidak, tapi rasanya memang benar-benar pedas sekali. Jujur saja, selama 3 tahun tinggal di Kota Pahlawan,  baru kali ini saya mencicipi nasi goreng ekstra pedas ini.

Apabila anda menyukai tantangan, anda bisa mencobanya (jangan Cuma tahu misu-misu tapi begitu makan makanan yang super pedas gak berani). Anda dapat berkunjung ke Surabaya Suites Hotel di Jalan Pemuda Surabaya. Lokasinya cukup berdekatan dengan Delta Plaza Surabaya. Anda dapat memesannya dengan dua cara, pertama anda cukup membayar Rp 60.000 dan anda dapat makan sepuasnya (buffet) dan harga sudah termasuk minum. Perlu diketahui makan buffet bisa sepuasnya anda tambah. Tergantung kapasitas perut anda sampai dimana anda kuat memakan makanan pedasnya. Kedua, anda dapat memesan untuk porsi 5 orang. Harganya Rp. 250.000. Karena rasanya yang sangat pedas, pada umumnya orang tidak kuat mencicipinya. Hanya 1 hingga 2 sendok saja mereka tidak kuat. Saran saya jika anda tidak ingin membuang uang terlalu banyak, maka anda dapat memesan menu nasi goreng jancok pada di café hotel. Jika anda datang berombongan atau beramai-ramai, memesan nasi goreng jancok seharga Rp 250.000 saya rasa tidak menjadi masalah. Selain nasi goreng jancok ekstra pedas, anda dapat memilih nasi goreng jancok dengan tingkat kepedesannya yang masih dapat di toleransi serta mi goreng  sebagai alternatif. Untuk minuman tersedia es teh dan air putih. Untuk selebihnya anda bisa memesannya sendiri (silahkan tanya pegawai hotel). Sebenarnya mungkin banyak menu lainnya yang tersedia, namun kali ini fokus saya pada makanan yang unik ini.

Setelah saya mencicipi nasi goreng ini untuk pertama kalinya seumur hidup saya, benar-benar gila pedasnya. Sekarang saya paham kenapa orang tidak kuat memakan nasi goreng ini. Kalau di paksakan bisa-bisa makan sambil misu-misu deh hahaha (bercanda). Biasanya jika sudah mulai kepedasan, akan berhenti memakannya atau memakannya secara perlahan-lahan.  Saya yang terbiasa dengan makanan pedas untungnya bisa menikmati nasi goreng ini. Nasi goreng ini memang lezat, aromanya menggoda, campuran daging udang dan telur ala masakan cheff hotel. Jujur saja yang menarik adalah cabai rawit yang digunakan. Berapa kg cabai yang digunakan untuk membuat nasi goreng ini? Ha ha ha.. Aroma pedasnya benar-benar membuat orang yang sangat kuat makan pedas tergoda. Tetapi, sebenarnya jika terlalu pedas, akan mengkhawatirkan juga terhadap kesehatan alat pencernaan anda, jadi jangan coba-coba, nanti lambung atau usus anda bolong. Ha ha ha… pada saat nasi goreng masuk di lidah, sensasinya adalah panas dan pedas. Begitu setelah beberapa sendok, keringat mulai bercucuran dari kepala hingga bercucuran membasahi celana jeans saya. Anda yang tidak menyukai makanan pedas silahkan membayangkan saja seberapa pedas. Tidak perlu lagi saya jelaskan panjang lebar Ha ha ha..

 

Share This