Penyakit diabetes mellitus dapat disebabkan oleh beberapa hal antara lain : pola makan secara berlebihan yang melebihi jumlah kadar kalori yang dibutuhkan oleh tubuh, obesitas, bahan-bahan kimia seperti obat-obatan, penyakit infeksi pada pankreas, dan faktor genetik. Selain itu banyak kondisi yang menyebabkan diabetes mellitus, karena mempengaruhi produksi hormon insulin yang diproduksi oleh sel beta pankreas  tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Penyebabnya secara prinsip diantaranya disebabkan oleh :

  1. Gen insulin yang tidak normal, yang kadang-kadang menyebabkan sel beta pankreas menghasilkan produk insulin yang berbeda sehingga tidak mampu berfungsi dengan baik.
  2. Produksi insulin tidak memadai, karena sel-sel beta pankreas rusak akibat peradangan pankreas (pankreatitis), atau adanya endapan-endapan besi dalam kelenjar pankreas.
  3. Kerja hormon insulin terganggu, karena dipengaruhi oleh beberapa obat-obatan steroid, pil-pil anti hamil, dan diuretik (pelancar air seni), atau oleh penyakit seperti gangguan fungsi hati, gangguan kerja hormon (seperti penyakit tiroid atau gondok), Kadang-kadang syok (perasaan terpukul) juga dapat menyebabkan perubahan hormonal pada diabetes yang tidak terdiagnosa sehingga timbul gejala penyakit ini.

@RaynardSanito

Share This